Sabtu, 06 Februari 2016

Baca Ini !! Penyebab dan Cara Mengobati Ambeien

Ambeien sebenarnya bukan sebuah penyakit. Menurut medis, dan secara anatomi ambeien bukan merupakan sebuah penyakit, melainkan suatu perubahan pada bantalan pembuluh darah di bagian anus. Adapun perubahan tersebut berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan yang ada disekitar anus itu sendiri.

Sebenarnya ambeien sendiri juga tidak terlalu berbahaya, hanya ditakutkan jika dibiarkan akan terjadi peradangan dan dapat menyebabkan infeksi yang ujung-ujungnya akan berakibat komplikasi pada bagian anus anda.

Gejala umum ambeien biasanya adalah terjadi pendarahan pada anus, kemudian juga terasa ada ganjalan pada anus saat duduk apalagi setelah buang air besar, terasa ada sesuatu yang keluar dari bagian anus. Bagian yang keluar tersebutlah disebut ambeien atau wasir. Kandang juga akan terasa gatal pada bagian anus yang keluar tersebut, lama-lama jika selalu tergesek dengan celana maka akan menyebabkan peradangan.

Penyebab dan Cara Mengobati Ambeien
Ilustrasi cara mengobati ambeien

Penyebab Ambeien

Faktor penyebab ambeien sendiri sebenarnya adalah dari pola hidup anda. Kebanyakan yang terjadi adalah karena jongkok terlalu lama dan karena buang air besar terlalu lama. Hal itu disebabkan karena anda kurang mengkonsumsi serat sehingga susah untuk buang air besar. Baca disini : 5 Cara Alami Melancarkan Susah Buang Air Besar

Untuk wanita juga biasanya disebabkan oleh kehamilan karena perubahan hormonal, biasanya pada proses kehamilan anus wanita akan mengalami banyak sekali kontraksi. Untuk penyebab lainnya juga biasanya juga disebabkan karena diare atau sembelit yang menahun atau parah. 

Cara Mengobati Ambeien

Terus bagaimana cara mengobati ambeien itu sendiri setelah mengetahui penyebabnya diatas? Cara yang paling parah adalah dengan operasi. Dalam operasi bagian anus yang keluar tersebut akan dipotong sehingga tidak akan mengganggu lagi. Tapi jika masih diobati, tentu saja lebih baik diobati terlebih dahulu karena proses operasi tidaklah murah dan bahkan menyakitkan.

Adapun beberapa obat alami untuk mengobati ambeien adalah seperti daun jambu biji, daun pegagan, daun ungu, lidah buaya. jeruk nipis, kulit manggis dan daun sirsak. Cara menggunakannya pun cukup gampang, Anda cukup mengkonsumsi rebusan daun-daunan tersebut atau juga mengkonsumsinya secara langsung. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal disarankan agar rutin mengkonsumsinya.

Pola hidup yang sehat juga sangat penting untuk diterapkan disini dalam cara mengobati ambeien. Sebab jika pola hidup anda masih tidak sehat, maka akan sulit untuk sembuh. adapun caranya adalah : 
  1. Menerapkan pola hidup sehat
  2. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan
  3. Minum air putih minimal 8 kali sehari atau setara 2 liter air
  4. Olahraga teratur dan banyak beraktifitas, jangan terlalu lama duduk
  5. Hindari alkohol
  6. Jangan terlalu lama saat buang air besar
  7. Jangan melakukan hubungan suami istri pada bagian anus
  8. Jangan sering menahan buang air kecil atau besar
Itulah artikel mengenai penyebab dan cara mengobati ambeien. Semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sedang terkena ambeien. Dan semoga cepat sembuh ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar